Selasa, 09 Oktober 2012

PENGGUNAAN CABRI 3D SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA


POTENSI PROGRAM CABRI 3D UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN GEOMETRI ANALIT DI PERGURUAN TINGGI Achmad Buchori1

Achmad Buchori
Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur 24 Semarang Telp. (024)8316377 faks (024)8448217

   Pendidikan memegang peranan penting dalam kehidupan karena akan dibutuhkan kapan dan dimana pun  setiap indivdu tersebut berada. Saat ini pendidikan di Indonesia masih berada di level bawah dibandingkan dengan negara-negara tetangga. Untuk itu kita memerlukan suatu terobosan baru guna memajukan pendidikan di Indonesia ini, salah satunya dengan memanfaatkan model pembelajaran audio visual / menggunakan aplikasi teknologi. Contoh aplikasi teknologi yang digunakan yaitu software Autograph, Cabri 3D,dan Maple dalam pembelajaran geometri. Software tersebut dapat melatih siswa untuk berpikir logis, bekerja lebih sistematis dan juga dapat menambah kreatifitas siswa. Dalam pembahasan kali ini hanya akan dibahas mengenai Cabri 3D.

   Cabri 3D merupakan suatu sistem komputer (software) untuk matematika dan fisika khususnya dalam materi geometri. Program ini sudah banyak digunakan kalangan peserta didik dan pendidik. Cabri 3D mempunyai fasilitas untuk memvisualisasikan fungsi atau persamaan matematik, dengan melukiskan grafiknya baik untuk dimensi dua maupun dimensi tiga. Berikut ini adalah cara menggunakan Cabri 3D untuk melukis grafik :
  1. Hide the trajectory of the circle. (Select and Ctrl M)
  2. Create a ray in the base plane passing through O.
  3. Create a point P1 on the ray. Display the coordinates of P1. Create point M1 (xP1, yP1, xP12+yP12).
  4. It is a point of the parabola.
  5. Repeat the actions for another point P2 of the ray.
  6. Construct the reflected points of M1 and M2 with respect to the z vector.
  7. Select the tool Conic and create the conic passing through O, M1, M2 and their reflected points.      Check that Cabri 3D indicates that it is a parabola.
  8. Obtain the trajectory of the parabola when rotating the ray around the z axis.
  9. Display again the trajectory of the circle. (Show hidden objects, select the trajectory and Ctrl M)
  10. The two trajectories should coincide.

Adapun kelebihan dari penggunaan Cabri 3D yaitu software mempunyai perintah pengerjaan matematika yang luas, mempunyai fasiitas pengerjaan yang baik dalam dimensi dua dan dimensi tiga, bahasa pemogramannya memudahkan pemahaman konsep peserta didik, dan juga hasil pengerjaannya lebih baik dibandingkan software Autograph dan Maple.  Sedangkan kelemahan dari Cabri 3D yaitu hasil pengukurannya kurang akurat karena menggunakan angka desimal serta kemampuan keaslian dan kepekaannya masih kurang baik.
  
Kesimpulan dari pembahasan diatas yaitu :
1. Cabri 3D memiliki kemampuan yang baik dalam perhitungan jarak dan luas bangun, menampilkan sketsa bangun datar dan ruang secara konkret, menampilkan perpotongan dan irisan bidang secara animasi dan memudahkan peserta didik untuk memahami konsep.
2.    Dari hasil evaluasi dari penelitian yang pernah dilakukan penulis menunjukkan bahwa semangat dan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan Cabri 3D lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak menggunakan Cabri 3D.
                                                                           
Saran :
1.   Pendidik harusnya dapat mengembangkan software-software pembelajaran yang lebih bervariasi lagi serta dapat memanfaatkan sumber belajar yang beragam. 

   Komentar saya mengenai jurnal yang sudah saya review adalah jurnal tersebut sudah cukup baik tetapi menurut saya penjelasan mengenai bagaimana langkah-langkah menggunakan Cabri 3D tidak secara mendetail sehingga orang lain akan kesulitan dalam menggunakan software tersebut juga bahasa yang digunakan masih terlalu baku jadi agak sulit dimengerti. 



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar